Pembahasan Singkat Konsep Teknologi

Pembahasan Singkat Konsep Teknologi

 

  1. Pengertian Konsep Teknologi

    Konsep Teknologi diambil oleh dua kata yaitu “konsep” dan “teknologi, definisi konsep menurut KBBI ialah rancangan atau ide dan pengertian yang diabstrakan dari peristiwa konkrit. Sedangkan definisi dari teknologi menurut Pak Budi Laksono Putro ialah Alat untuk mempermudah pekerjaan manusia untuk tercapainya suatu tujuan.
    Ide atau gagasan yang digunakan untuk menghasilkan atau membuat alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia itu lah yang disebut dengan konsep teknologi. Teknologi telah ada sejak tahun 8000 SM dan terus berkembang sampai sekarang. Teknologi dalam sejarahnya telah diurutkan berdasarkan aspek tercapainya pemikiran manusia, yaitu :

    1. Teknologi Era Pertanian
    2. Teknologi Era Industri
    3. Teknologi Era Informasi
    4. Teknologi Era Modern

    Sekarang kita berada di era modern, dimana banyak sekali teknologi yang terus dikembangkan hingga terjadi banyak varian teknologi yang berbeda namun tujuan pembuatannya sama.
  2. Tujuan, Strategi dan Masalah Pasar

    Pengguna teknologi dalam berbagai bidang kebutuhan dibingungkan oleh pilihan teknologi yang beragam, karena situasi inilah kata Pasar tidak bisa dilepaskan dalam jual beli penggunaan teknologi.
    Kini teknologi merupakan sebuah produk dan produk selalu mengenal pasar. Dalam merancang suatu konsep teknologi sebaiknya melihat keadaan pasar terlebih dahulu, Tujuan dari memperhatikan pasar agar pembuatan teknologi sesuai dengan yang dinginkan oleh masyarakat dengan begitu awal mula produk terjun ke pasar akan lebih mudah dikenali hingga produk diterima dan dipakai oleh masyarakat.
    Dalam pemasaran suatu produk biasanya terjadi beberapa Masalah dalam pemasaran seperti : 
    • Penumpukan persediaan barang jadi
    • Terlalu kecilnya “return” bagi dana yang ditanamkan
    • Keterlambatan mengembalikan pinjaman
    • Kelambatan perputaran dana

    Beberapa hal di atas dipengaruhi oleh jumlah produk yang terjual, harga, promosi, dan tempat penjualannya. Oleh karena itu dibutuhkanlah strategi pemasaran.
  3. Testing White Box dan Black Box


    Selain dengan strategi yang baik dalam pemasaran, produk haruslah di uji terlebih dahulu, ada pengujian yang disebut White Box dan Black Box.
    White box adalah suatu cara untuk menguji coba dengan melihat source code langsung oleh software enginner. Uji coba dengan metode ini memiliki keuntungan yaitu :
    ·         Skenario pengujian dilakukan secara efektif
    ·         Optimalisasi source code
    ·         Mencegah bugs program
    Namun terdapat pula kelemahan seperti :
    ·         Diperlukan seorang ahli dalam bidang piranti lunak yang berpengalaman
    ·         Sulit mencari bugs program
    Kebalikan dari White Box yaitu Black Box, metode ini melakukan uji coba dengan melihat user interface memeriksa output dan proses dengan inputan, keuntungannya :
    ·         Efisien bila source code dalam skala besar
    ·         Uji program dari sudut pandang user
    ·         Tanpa pengetahuan programming
    Maka kekurangannya ialah kebalikan dari White Box, seperti :
    ·         Hanya skenario pengujian yang dipilih yang dijalankan
    ·         Pengetahuan tentang program terbatas
    ·         Pengujian tidak bersifat spesifik
    Jadi perbedaan antara White box dengan Black box bahwa White Box dilakukan oleh penguji yang mengetahui tentang QA, melakukan testing pada software/program aplikasi menyangkut security dan performance program tersebut (meliputi tes code, desain, implementasi, security, data flow, software failure) dan dilakukan seiring dengan tahapan pengembang produk pada tahap testing. Sedangkan Black box dilakukan oleh penguji independent, melakukan pengujian berdasarkan hasil akhir dari program, bukan bahan maupun prossesnya, pengujian lebih ditunjukan pada desain software sesuai standar dan reaksi apabila terdapat celah-celah bug/vulnerability pada program aplikasi tersebut setelah dilakukan white box.
  4. Siklus Hidup Produk



    Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini merupakan konsep yang penting dalam pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu produk. Konsep ini dipopulerkan oleh levitt (1978) yang kemudian penggunaannya dikembangkan dan diperluas oleh para ahli lainnya, menurut saya mengetahui siklus hidup produk bertujuan untuk mengetahui posisi suatu produk untuk memilih langkah dan strateginya.
    Terdapat 4 tahap dalam siklus hidup produk, dalam keempat tahap dari analisa Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini memiliki beberapa strategi (Kotler 1997) yaitu :
    1.      Tahap Perkenalan (Introduction)
    a.       Strategi peluncuran cepat (rapid skimming strategy)
    b.      Strategi peluncuran lambat (slow skimming strategy)
    c.       Strategi penetrasi cepat (rapid penetration strategy)
    d.      Strategi penetrasi lambat (rapid penetration strategy)
    2.      Tahap Pertumbuhan (Growth)
    a.       Meningkatkan kualitas produk
    b.      Perusahaan menambahkan modul
    c.       Perusahaan memasuki segmen pasar baru
    3.      Tahap Kedewasaan (Maturity)
    a.       Melakukan peningkatan keistimewaan
    b.      Meningkatkan mutu
    c.       Memperbaiki model
    d.      Take Off dari pasar
    4.      Tahap Kemunduran (Decline)
    a.       Menambah investasi
    b.      Mengubah produk
    c.       Mencari pasar baru
    Meninggalkan bisnis
  5. Matriks Ruang dan Waktu


    Sekarang ini banyak teknologi yang dikembangkan agar penggunaannya fleksibel, contohnya saja penggunaan teknologi untuk menjawab keterbatasan waktu dan tempat, perhatikan gambar berikut ini :


    Sumber:
    http://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pembahasan Singkat Konsep Teknologi ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 09 Desember 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pembahasan Singkat Konsep Teknologi
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda